Jumat, 29 Mei 2015

SIMBANG

SIMBANG

Dimalam jum’t yang mubarok ini penulis akhirnya mendapatkan ilham untuk membuat mengulas dan mengulik akan apa itu SIMBANG, sebenarnya penulis sudahlama ingin mempostingkan akan artikel ini tapi karna blm ada ilham yang turun jadinya tdak sempat sempat mempostingkannya, hehhe,,, artikel akan SIMBANG amatlah sulit ditemukan di dumay ini, bahkan mbah google saja menyerah karna memang SIMBANG sangatlah langka dan jarang ada orang yang mempunyainya.
Oiya bagi para orang awam paasti masih bingung akan apaitu SIMBANG, termasuk pamor atau dhapur :D . SIMBANG bukanlah sebuah  dhapur seperti persepsi d masyarakat, melainkan sebuah pamor dari suatu keris/dhuwung.
Pamor SIMBANG hampir sama dengan pamor munggul: pamor yang mencuat keluar (menonjol), akan tetapi pamor SIMBANG terletak di bagian bawah(daerah gandik maupun kembang kacang).
Pamor Simbang memiliki nilai yang lebih dibandingkan pamor munggul, sehingga maharnya(maskawin) pun lebih tinggi.
Keris berpamor SIMBANG maupun pamor munggul diyakini terbuat dari bahan pamor batu meteor yang memiliki kandungan titanium yang tinggi. Semakin tua keris yang memiliki pamor ini, maka semakin besar pula benjolan yg terbentuk. Sebenarnya dalam awal pembuatan keris tidak memiliki tonjolan ini, akan tetapi karna smkin tuanya keris,maka  kandungan mineral titanium dari meteor menggumpal mebentuk otnjolan, sehingga bagian yang menonjol amatlah keras karna terbuat dari titanium bermutu super.

SIMBANG sendiri memiliki beberapa jenis antara lain “Simbang Kurung, Simbang Patawe, dan Simbang Raja”.

Dan tak perlu berlama-lama lagi, penulis akan memaparkan tiap-tiap jenis SIMBANG, dan seperti apa penampakannya,,, hhhehe,,, :D

1.      Simbang Kurung
Simbang Kurung adalah sebuah pamor yang bentuknya menyerupai garis melintang yang berada di gandik maupun kembang kacang (bagian ricikan keris yang menyerupai bunga kacang/ belalai gajah terletak di sorsoran atas ganja) (baik di  keris maupun di tombak).
Simbang Kurung dipercayai mempunyai tuah untuk memperlancar rezeki, dikasihi orang banyak (mahabah umum), dan terhindar dari marabahaya maupun petaka (bisa igunakan sebagai wasilah keselamatan/gegaman penjaga).
Simbang Kurung "Ensiklopedia Keris"


2.      Simbang Patawe
Simbang Patawe hamper sama dengan SImbang Kurung akan tetapi pamornya bukan satu garis melintang, melainkan dua garis melintang dan penempatannya juga berada pada pada gandik maupun kembang kacang.
Tuah dari Simbang Ptawe dipercayai dapat membuat sipemilik slalu d cintai lawan jenis, digandrungi lawan jenis, dan dihormati.
Simbang Patawe "Ensiklopedia Keris"



3.      Simbang Raja
Simbang Raja hampir sama dengan simbang-simbang lainnya, akan tetapi Simbang Raja memiliki 3 garis melintang pada gandik ataupun kembang kacangnya.
Seperti namanya Simbang Raja dipercayai memiliki tuah untuk menaikkan pamor seseorang, kewibawaan, derajat, dan disukai lawan kawan maupun atasan (Bak seorang Raja).
Simbang Raja "Ensiklopedia Keris"


            Pamor SIMBANG bukanlah pamor pemilih, jadi aman dipakai untuk siapa saja asalkan dirawat dengan benar seperti pakem perawatan pusaka lainnya. Keris berpamor SIMBANG biasanya dihias dengan kinatah emas dan untuk tuah hampir sama semuanya yaitu untuk mahabah,kewibawaan, dan keselamatan.
            Mungkin cukup sekian dulu ulasan yang penulis buat, jikalau ada kritik saran maupun tambahan akan artikel ini silahkan hubungi penulis.
           
Ref: 
Ø   Ensiklopedia Keris oleh Bpk. Bambang Harsrinuksmo
Ø  http://rudikerisjowo.blogspot.in/2014/06/jenis-jenis-pamor.html
Ø  Sahabat-sahabat pecinta TOSAN AJI



Salam Budaya, Salam Tosan Aji
(Among Raga Jalak Sungsang)

1 komentar:

  1. Alhamdulillah dan terima kasih pencerahannya, semoga bermanfaat

    BalasHapus